Jumat, 10 Februari 2017

Prosedur Pertama Apabila Terjadi Gejala Sakit Pada Ikan Koi


Terkadang dalam memelihara ikan di kolam rumah, terjadi hal yang tidak biasa. Misalnya tiba-tiba ikan jadi pendiam, muncul merah-merah atau terlihat busa di kolam dll. Apa yang Harus Saya Lakukan Apabila Ada Gejala Tidak Normal Pada Ikan KOI dan Kolam Saya?

Apabila terlihat gejala-gejala yang tidak biasa pada ikan Anda, jangan langsung memvonis ikan anda sakit, dan perlu dikasi obat. Menurut pendapat saya obat adalah treatmen yang dilakukan hanya apabila perlu dan hanya dilakukan di kondisi air kolam yang layak. Pemberian obat juga harus sesuai dosis, jangan sampai memberikan treatment obat tanpa dosis yang terukur.

Penanganan penyakit ikan koi

Langkah pertama yang bisa dilakukan apabila ada gejala pada kolam dan ikan Anda, adalah lakukan observasi. Obsevasi ini bertujuan untuk mengetahui apa penyebab gejala pada kolam dan ikan koi Anda. Prosedur yang disarankan untuk observasi apabila ada Gejala yang tidak biasa pada Ikan atau kondisi kolam adalah sebagai berikut

  •     Stop Makan

Untuk sementara hentikan pemberian pakan. Tindakan ini berlaku untuk 1 sd.3 hari selama masa observasi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan sistem filter menetralisir ammonia di kolam. Jangan khawatir, Ikan Koi ga makan sampai lebih dari 1 minggu pun ga masalah. Ikan Koi sangat sensitif terhadap ammonia, malah ammonia ini adalah polusi yang paling mematikan dalam pemeliharaan Koi. Makanya sistem filter kolam sangat perlu jadi perhatian dalam memelihara ikan Koi di kolam rumah.

  •     Ganti air 50%

Kurangi air kolam sampai setengah nya, lalu isi dengan air baru. Apabila memungkinkan lakukan sampai dengan 50%, apabila sulit dilakukan -karena volume kolam yang besar- penggantian air 20-30% sudah cukup membantu. Hal ini dengan cepat akan mengurangi kadar ammonia yang berbahaya bagi Ikan KOI. Yang perlu diperhatikan dalam penggantian air adalah temperatur air baru diusahakan sama dengan air kolam lama, sehingga tidak ada perubahan temperatur kolam ikan secara mendadak

  •     Perhatikan gerakan dan perilaku ikan

Selama masa observasi 1-2 hari (setelah puasa dan ganti air), perhatikan perilaku ikan, apakah makin aktif, atau biasa aja, atau malah makin parah? perhatikan juga kondisi kolam apakah makin berbau?
Untuk mengetahui gejala apa saja yang perlu diperhatikan silakan lihat di artikel berikut: Mengenali Gejala Koi Sakit

  •     Tindakan lanjutan

Apabila perilaku ikan dan kondisi kolam berangsur menuju normal, maka kemungkinan kondisi kolam tidak seimbang. Hal ini bisa disebabkan over populasi ikan, pemberian makan yang terlalu banyak, filter kolam yang kurang dan pompa kolam yang kurang pas. Jika ini terjadi maka disarankan untuk mengurangi porsi makan sampai 50% sebelum Anda melakukan up-Grade Filter Kolam, atau mengurangi populasi ikan.
Bagaimana Bila Kondisi Kolam dan Ikan Koi Saya Semakin Memburuk ?

Apabila kondisi makin parah, maka kemungkinan terjadi wabah penyakit. Penyakit pada ikan biasa nya disebabkan oleh Bakteri atau Virus. Apabila terkena bakteri maka perlu dilakukan pengobatan, biasanya pengobatan dengan antibiotik (baik itu dengan Pengobatan Koi dengan Garam Ikan atau dengan obat2an). Untuk prosedur pengobatan, saya bisa share prosedur pengobatan yang saya pernah lakukan, apabila memang benar2 perlu. dengan catatan hasil dan efek samping pengobatan atas resiko sendiri.

Sumber: http://www.solusikolam.com

0 komentar:

Posting Komentar